#Bisnis

Perlengkapan Sistem Pemrosesan Minyak Bumi

dwi-supriyati

Perlengkapan Sistem Pemrosesan Minyak Bumi

Sebagian perlengkapan sistem pemrosesan minyak bumi. Terkecuali memakai kolom destilasi, sistem ini memerlukan perlengkapan pendukung yang lain supaya sistem itu bisa jalan maksimum, perlengkapan paling utama dalam sistem pembelahan fraksi ini terbagi dalam sebagian type seperti pompa, furnace, pipa, heat exchager, kondensor, separator, cooler, kolom stripper, instrumen serta pastinya kolom destilasi. Tersebut gambar dan penuturannya :

Perlengkapan Pemrosesan Minyak Bumi

Kilang minyak (refinery unit) adalah satu ruang yang di dalamnya diisi alat-alat produksi yang mempunyai peranan semasing dalam soal pemrosesan minyak bumi jadi product jadi. Tiap-tiap alat sudah tersusun seperti harusnya sesuai sama flow diagram. Di bawah ini meruapakan sebagian type perlengkapan paling utama pada sistem pemrosesan minyak mentah bersama peranannya semasing, yakni :

Pompa

Alat ini adalah sisi perlu dalam satu instalasi pada kilang minyak, dipakai untuk mengubahkan liquid dari satu tempat ke tempat beda. pada sistem destilasi, pompa dipakai untuk mentransferkan fluida dari dalam tanki penampungan bahan baku menuju kolom destilasi, umunya pompa yang dipakai adalah pompa type cenrifugal.

Heat Exchanger

Heat Exchanger adalah alat penukar kalor (panas) antar liquid, pada sistem destilasi alat ini dipakai untuk memanaskan minyak mentah yang juga akan dimasukkan kedalam kolom destilasi dan untuk mendinginkan fraksi yang keluar dari dalam kolom. Ke-2 zat yang mempunyai temperatur yang berlainan dibatasi oleh dinding hingga ke-2 zat itu akan tidak bercampur pada zaat terjadinya sistem pertukaran panas.

Desalter

Sesuai sama namanya, alat ini dipakai untuk menyingkirkan garam yang ada didalam kandungan minyak bumi. Langkah kerja dari alat ini yakni dengan mencampurkan minyak mentah dengan air supaya mineral yang terdapat didalam minyak bumi juga akan terlarut dengan air, setelah itu juga akan dikontakkan dengan plat yang dialiri dengan tegangan listrik AC, jadi dengan automatis ion-ion yang ada didalam minyak juga akan ditarik ke katup-katup plat, air yang sudah diisi mineral juga akan jadi membesar serta jatuh ke bawah basic tanki desalter.

Furnace

Furnace yaitu sistem di mana terjadinya pemanasan minyak mentah yang mengalir didalam pipa sebelumnya dimasukkan dalam kolom destilasi. Panas yang digunkan datang dari hasil pembakaran fuel oil ataupun gas dengan suhu sekitaran 350°C, didalam furnace ada susunan pipa yang disebut media yang dipanaskan lalu panas itu juga akan diserap oleh liquid yang mengalir didalam pipa, sistem perpindahan panas berlangsung dengan tiga langkah yakni konduksi, radiasi serta konveksi.
Kolom Destilasi

Crude oil yang sudah dipanaskan, setelah itu juga akan dimasukkan kedalam kolom destilasi, kolom ini berupa bejana dengan material baja serta mempunyai desakan 1 atm. Peranan dari kolom ini adalah jadi tempat terjadinya penguapan molekul-molekul minyak bumi serta lalu dipisahkan dalam fraksi-fraksi spesifik sesuai sama titik didihnya. Pembelahan berlangsung dengan memakai tray-tray spesial, di mana satu fraksi dengan titik spesifik juga akan tertampung pada tray spesifik juga. Molekul yang mempunyai titik didih terendah yakni gas juga akan ada di bagian puncak kolom serta fraksi berat (long residu) juga akan tetaplah ada di bagian bawah kolom. Hasil dari kolom destilasi ini terbagi dalam gas (20°C), Naphta (40°C), Kerosen (120°C), Diesel (170°C), Lubricating oil atau pelumas (300°C) serta residu (350°C).

Kolom Stripper

Perlengkapan sistem pemrosesan minyak bumi setelah itu yakni kolom stripper, kolom ini mempunyai bentuk yang serupa dengan kolom destilasi cuma saja ukurannya lebih kecil, alat ini berperan untuk keluarkan fraksi yang lebih enteng dari dalam fraksi yang lebih berat, misalnya fraksi naphta yang terikut masuk dalam penampungan fraksi kerosen. Langkah kerja dari alat ini yakni penguapan umum dengan memakai injeksi steam dari basic kolom jadi sumber panas.

Condensor

Kondensor adalah alat yang dipakai untuk mencairkan fraksi gas yang disebut hasil dari kolom destilasi. Gas itu diperoleh dari sisi atas kolom yang disebut fraksi yang mempunyai titik didih paling rendah. Langkah kerja dari kondensor ini yakni pertukaran panas, lewat cara gas juga akan dimasukkan dalam ruang pada alat itu, diamana di dalamnya ada pipa-pipa yang diisi air (jadi pendingin), gas itu juga akan alami kontak dengan permukaan luar pipa hingga panasnya (panas latent) juga akan diserap oleh air pendingin yang buat temperatur dari gas itu juga akan alami penurunan serta juga akan terkondensasi.

Cooler

Coler yaitu alat yang dipakai untuk mendinginkan satu product yang mempunyai panas yang tinggi hingga tidak bisa ditampung didalam tanki. Media pendingin pada alat ini sama seperti dengan kondensor yakni media air. Langkah kerjanya yakni pipa-pipa yang diisi product panas juga akan melalui media pendingin air hingga panas dari product itu juga akan terserap serta turunkan temperaturnya sampai menjangkau temperatur normal.

Seperator

Separator dipakai untuk memisahkan dua zat yg tidak bisa melarut, umpamanya air serta minyak atau minyak serta gas. Langkah kerjanya yakni lewat cara pengendapan, hingga zat yang mempunyai densitas yang tinggi (umpamanya air) juga akan ada di bagian bawah sedang zat yang mempunyai densitas yang rendah juga akan ada di bagian atas (minyak), setelah itu satu diantara zat itu juga akan di keluarkan baik itu minyak ataupun air.

Perpipaan

System perpipaan dalam indutri migas sangat dibutuhkan, tidak ada pipa jadi sistem didalam kilang akan tidak berlangsung. Pipa berperan jadi tempat mengalirnya satu fluida dari satu tempat ke tempat beda. Pipa terbuat dari beragam type bahan bergantung dari karakter liquid yang juga akan dialirkan didalamnya. Spesial untuk mengalirkan minyak, type pipa yang dipakai umumnya terbuat dari baja dengan gabungan serat carbon.

Instrument

Instrument adalah system control yang terbagi dalam data-data satu sistem yang tengah berlangsung di lapangan. Peranan dari instrument yakni melindungi stabilitas serta memonitor satu sistem produksi hingga sistem itu bisa jalan sesuai sama jalur yang diputuskan. Contoh simpel dari perlengkapan instrumen yakni control valve (katup) yang dipakai untuk mengatur jumlah aliranan fluida dalam pipa baik itu dengan manual ataupun dengan kendali jarak jauh.

itulah proses minyak bumi sebelum menjadi bahan siap jadi seperti minyak solar,Avtur dan lain-lain. sebagai informasi tambahan jika Anda ingin mengetahui salah satu perusahaan solar yang merupakan solar siap jadi hasil dari Pemrosesan minyak bumi Anda bisa mengunjungi website www.juragansolar.com sebagai referensi kami.

<<     >>