#Belanja Online

GAK PERLU MIGRAIN UNTUK BELANJA ONLINE

heny-kusumawati

Duh, gue ketipu nih. Niatnya mau beli BB harga murah malah jadi apes nih. Uang dah dikirim, tapi barang gak nyampe-nyampe!”Kamu mungkin pernah atau bahkan sering mendengar keluhan seperti itu dari teman kamu atau mungkin kamu sendiri. Yup, masalakeamanan memang masih menjadi isu utama di bisnis jual beli online. Karena adanya pengalaman orang lain yang pernah tertipu saat belanja online, membuat kita menjadi takut untuk bertransaksi belanja online. Masalah yang kerap terjadi biasanya barang tidak dikirim setelah uang kita transfer ke penjual, atau barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan yang kita inginkan.Nah untuk mengantisipasi agar kamu tidak menjadi korban penipuan tersebut, berikut kami berikan beberapa tips dalam bertransaksi jual beli online.

Online Shopping

Jangan Tergiur Harga Super Murah

Di Facebook sering ada toko online yang menawarkan barang (biasanya produk henpon, gadget atau produk elektronik lain) dengan harga sangat murah, bahkan bisa sampai separuh dari harga di pasaran. Hal yang paling penting, jangan mudah tergiur dengan harga super murah. Biasakan melakukan cek dan ricek harga barang yang kamu inginkan di tempat lain. Kamu bisa browsing atau tanya ke beberapa teman tentang harga pasaran dari barang yang kamu inginkan. Memang bila kamu browsing ke beberapa forum atau situs jual beli online, ada beberapa penjual yang menawarkan harga cukup murah dibawah harga pasaran, namun biasanya harga yang ditawarkan lebih murah 10-20% dibanding harga pasaran. bila harga yang ditawarkan mencapai lebih dari 40% lebih murah dari harga pasaran, kamu boleh waspada nih

Pilih Tempat Berbelanja Dan Penjual Bereputasi Baik

Ada banyak tempat untuk berbelanja online, bisa melalui forum, situs jual beli online, sosial media (Facebook, Twitter, BBM). Pilihlah tempat yang memang sudah dikenal luas. Bila kamu bertransaksi dengan penjual perorangan, lihatlah reputasi orang tersebut dari transaksi penjualan sebelumnya, apakah ada yang komplain atau tidak, bagaimana pelayanan dia kepada pembeli. Kembali lagi, hal utama yang perlu diperhatikan adalah kamu harus melakukan cek dan ricek sebelum memutuskan untuk bertransaksi.

Teliti Barang Sebelum Membeli

Sama halnya dengan belanja di mall atau pasar. Perhatikan dengan teliti tentang kualitas dan jenis barang yang ditawarkan. Jangan sungkan untuk menanyakan ke penjual tentang kualitas barang yang dijual. Bila memang penjual tersebut baik dan jujur, dia pasti tidak akan sungkan untuk menjelaskan kualitas barang jualannya dengan jelas ke kamu.

Gunakan Sistem Pembayaran Yang Aman

Bila kamu membeli barang dari teman yang sudah kamu kenal baik di BBM atau Facebook, mungkin kamu tidak terlalu khawatir untuk langsung mentransfer uang saat memutuskan untuk membeli barang dagangannya, namun bila kamu berbelanja dengan penjual yang kamu tidak kenal di Forum atau situs belanja online, usahakan untuk selalu gunakan layanan pembayaran dari pihak ketiga seperti rekber. Hal ini khususnya untuk bertransaksi dengan penjual perorangan. Kalau perlu dan memungkinkan, kamu bisa ajak penjual untuk bertemu langsung untuk bertransaksi. Nah bila kamu berbelanja di situs belanja online seperti Lazada, bukalapak, tokopedia, Blibli, kamu bisa gunakan layanan pembayaran pihak ketiga seperti iPaymu atau bca Klik Pay. biasanya situs-situs ini sudah bekerjasama dengan pihak Bank atau jasa pembayaran lainnya.oke, setelah kamu melakukan langkah-langkah antisipasi tersebut, kini tidak perlu takut lagi kan untukberbelanja online?

 

<<     >>