Home » Bisnis » Cara Budidaya Ikan Komet Dengan Mudah
#Bisnis

Cara Budidaya Ikan Komet Dengan Mudah

dwi-supriyati

Anda ingin tahu bagaimana cara budidaya ikan komet dengan mudah namun menghasilkan?
Ikan komet adalah salah satu jenis ikan hias yang memiliki bentuk yang hampir sama seperti ikan koki, sebab kedua ikan itu berasal dari famili Cyprinidae.

Bentuk tubuh ikan komet cukup unik dengan bentuk tubuh yang tegak pipih dan agak memanjang. Mulut ikan komet berada di bagian ujung, selain itu juga mudah untuk disembulkan. Sementara bagian giginya terdiri atas 1 buah gigi geraham dan 3 gigi kerongkongan. Baca juga tentangĀ bisnis budidaya ikan.

cara budidaya ikan komet dengan mudah namun me

Saat ini ikan komet sudah banyak dibudidaya oleh masyarakat. Hal ini disebabkan karena banyak orang yang memelihara ikan komet sebagai ikan hias di akuarium mereka.
Untuk memulai cara budidaya ikan komet, sebaiknya Anda mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1.Persiapan Akuarium

Cara budidaya ikan komet sebaiknya dilakukan pada akuarium yang berukuran 60 x 60 x 60 cm. Pastikan akuarium benar-benar bersih dan sudah dicuci memakai sabun dan juga telah dibilas air sebelum digunakan. Hal ini penting agar jamur maupun bakteri yang menempel pada akuarium bisa hilang, sehingga ikan pun lebih aman terhadap serangan berbagai macam penyakit.

2.Penentuan indukan

Langkah berikutnya adalah penentuan indukan. Indukan betina bisa diketahui dengan adanya bintik-bintik di bagian dada serta memiliki tekstur lebih lembut saat diraba. Adapun ikan jantan, memiliki bintik-bintik menonjol, bulat, serta kasar di area dadanya. Untuk mengetahui tingkat kematangan indukan komet bisa dengan melakukan pemijatan. Biasanya jika induk jantan sudah masak akan mengeluarkan cairan berwarna putih, sementara pada induk betina akan keluar cairan berwarna kuning.

3.Pemijahan

Langkah selanjutnya adalah pemijahan. Proses ini dilakukan dengan 1 induk koi yang jantan dan 2 induk komet. Adapun indukan tadi langsung dimasukkan pada akuarium yang terdapat tanaman enceng gondok di dalamnya. Tanaman enceng gondok diletakkan dengan tujuan sebagai substrat. Cara budidaya ikan komet dalam pemijahan ini bisa berlangsung hingga semalaman. Jika berhasil, biasanya induk tersebut sudah melekat ke tanaman enceng gondok tadi untuk menghasilkan calon bibit ikan hias yang baik.

 

 

Demikian informasi tentangĀ cara budidaya ikan komet dengan mudah namun menguntungkan yang semoga bermanfaat untuk anda.